Pasar Atas Baru, Kota Cimahi

Kastara.ID, Cimahi – Pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 mendorong Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto membagikan 5.000 masker, 550 pelindung wajah, 550 hand sanitizer, dan bagi pengunjung dibagikan 250 kantong belanja ke para pedagang Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Jawa Barat.

“Bentuk kepedulian Kemendag itu wujud perlindungan kepada konsumen, baik para pedagang maupun pengunjung pasar,” ujar Veri Anggrijono, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan, usai mendampingi Mendag Agus (14/8).

Dirjen Veri mengakui kondisi pasar sulit menghindari kerumunan orang yang rentan penularan. Sementara untuk pemulihan ekonomi di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membutuhkan aktivitas perniagaan.

“Jalan tengahnya, aktivitas pasar (ekonomi) tetap memberlakukan protokol kesehatan,” imbuh Veri.

Sementara Harga Bahan Pokok(Bapok) di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, harga barang kebutuhan pokok (bapok) terpantau stabil dan stok cukup.

Seperti harga beras tercatat kisaran Rp 10.000/kg, gula pasir Rp 13.000/kg, tepung terigu Rp 8.000/kg, minyak goreng curah Rp 10.600-11.300/liter, dan minyak goreng kemasan Rp 12.000-14.000/kg.

“Tempat berlangsungnya aktivitas ekonomi yang menunjang kehidupan masyarakat seperti pasar harus berjalan, tetapi upaya menjaga kesehatan tidak boleh diabaikan, terutama saat pandemi seperti sekarang,” kata Mendag Agus.

Pada momen tersebut, Mendag Agus menyerahkan secara simbolis APD ke Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. Turut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Mendag Agus juga meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Atas Baru.

Hasil pantauan menunjukkan pengelola pasar telah memanfaatkan bilik antiseptik dan wastafel portabel dengan optimal. Kondisi pasar relatif bersih dan tidak ada pedagang maupun pengelola pasar yang terkena virus Covid-19.

Mendag Agus mengingatkan kondisi adaptasi kebiasaan baru tidak boleh membuat orang lengah ketika di pasar dan selalu mengingat protokol kesehatan.

“Pakai masker, jaga jarak aman, dan siapkan hand sanitizer. Hindari menyentuh muka, hindari bersalaman. Jika tidak enak badan, tetap di rumah,” imbuhnya. (*)