Mural

Kastara.ID, Tangerang – Polres Metro Tangerang dikabarkan tengah memburu pembuat mural bergambar wajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mata ditutupi tulisan ‘404: Not Found’ berlatar merah. Mural tersebut terdapat di sekitar wilayah Batuceper, Kota Tangerang, Banten.

Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Abdul Rochim mengatakan, pihaknya sudah mengecek ke pihak Polsek Batu Ceper dan dilaporkan mural tersebut sudah dihapus. Meski demikian menurut Rochim pihaknya akan tetap memburu pembuat mural mirip wajah Jokowi itu.

Saat memberikan keterangan (13.8), Rochim menjelaskan, polisi terpaksa menghapus mural tersebut lantaran bisa menimbulkan salah penafsiran. Pasalnya wajah yang berada di mural itu jika dilihat sekilas mirip Presiden Jokowi.

Padahal menurut Rochim, Presiden RI adalah lambang negara. Selain itu saat ini Jokowi adalah pemimpin tertinggi institusi Kepolisian dan TNI.

Rochim menuturkan, saat ini kepolisian tengah melacak keberadaan orang yang menggambar mural tersebut. Meski tengah melakukan pendalaman, namun, hingga saat ini polisi belum dapat mengidentifikasi pihak yang menggambar mural tersebut.

Sebelumnya sebuah mural atau gambar dinding terpampang di kolong jembatan kereta api Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Batu Ceper, Kota Tangerang. Mural tersebut menjadi perhatian lantaran menampilkan wajah mirip Presiden Jokowi. Namun pada bagian mata ditutup tulisan “404 Not Found” berlatar merah.

Warga di sekitar lokasi menyebut mural itu dibuat cat semprot itu sebenarnya sudah lama keberadaannya. Namun baru viral belakangan ini setelah diunggah di media sosial (medsos).

Dalam dunia internet, istilah ‘404: Not Found’ adalah kode yang artinya situs yang akan dibuka tidak ditemukan atau kosong. Dikutip dari wikipedia, 404 artinya tidak ditemukan atau kesalahan. Ini merupakan HTTP kode respons standar jaringan komunikasi yang menginformasikan server berhasil berkomunikasi tapi situs atau laman yang dituju tidak ditentukan. (ant)