Sinovac(Humas Pemprov Jabar)

Kastara.ID, Jakarta – Sebagai relawan uji klinis, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil telah menjalani proses penyuntikan dosis kedua vaksin Covid-19. Ini sekaligus menjadi dosis penyuntikan yang terakhir di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Senin (14/9) kemarin.

Ridwan Kamil menjadi relawan bersama Kapolda Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Nugroho Budi Wiryanto, dan Kajati Jabar Ade Adhyaksa. Setelah suntikan ini, mereka akan diperiksa dan dicek pembentukan antibodinya di kunjungan keempat (V3) dan kunjungan kelima alias terakhir (V4).

“Saya bersama Pak Kapolda, Pak Pangdam, dan Pak Kajati telah mengikuti prosedur penyuntikan kedua percobaan vaksin Covid-19. Mohon doanya agar dua minggu ke depan ada reaksi yang baik, yaitu meningkatnya imunitas tubuh kami,” ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan, Selasa (15/9).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, proses penyuntikan kedua uji vaksin Covid-19 yang dijalaninya berlangsung cepat. Kendati begitu, ia tetap harus melewati prosedur pemeriksaan awal dengan cek berat badan dan paru-paru.

“Saya bersama Forkopimda lain menunggu selama kurang lebih 30 menit untuk mengecek kembali reaksi yang diterima oleh tubuh hingga dinilai aman,” tuturnya.

Emil berharap seluruh rangkaian proses uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 Sinovac oleh BUMN Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ini berhasil. Sehingga bisa menghentikan pandemi ini. (ant)