Darmin Nasution

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution menyatakan akan mengubah fokus dengan menggeser pembangunan infrastruktur utama (backbone).

Menurut Menko Darmin, pembangunan akan diarahkan pada infrastruktur penghubung jalan utama dengan sentra kegiatan ekonomi, seperti produksi rakyat, kawasan industri, kawasan ekonomi khusus atau kawasan pariwisata nasional.

Pergeseran fokus pembangunan dilakukan agar ke depannya sistem logistik nasional bisa lebih efisien dan modern. Fokus pembangunan ini nanti ada jalur darat pakai bus, truk, kereta, pelabuhan (15/10).

Darmin mengatakan, pemerintah akan membuat proyek percontohan pengembangan infrastruktur tersambung dengan pusat kegiatan ekonomi tersebut.

Tujuh proyek percontohan tersebut, pertama akan dilakukan di Jawa Timur. Proyek meliputi Kawasan Selingkar Wilis, Selingkar Ijen, Bromo-Tengger-Semeru. Selanjutnya pemerintah akan menyasar Jawa Tengah.

Selain itu, Darmin mengatakan pembangunan tersebut nantinya tidak hanya akan melibatkan APBN dan APBD, juga dengan menggandeng swasta.

Pelibatan swasta akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). (mar)