Perpustakaan

Kastara.ID, Jakarta – Perpustakaan Umum Kabupaten Kepulauan Seribu memberikan layanan khusus berupa antar jemput buku pinjaman selama pandemi COVID-19.

Kepala Unit Kerja Teknis I Kepulauan Seribu Ade Slamet mengatakan, layanan ini diberikan agar penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19, baik bagi petugas maupun masyarakat yang meminjam buku bisa berjalan optimal.

“Untuk mendapatkan buku-buku yang diinginkan masyarakat bisa memesan via WA kepada petugas di setiap pulau permukiman yang nomornya telah disebar. Selanjutnya, petugas akan mengantarkan buku-buku sesuai pesanan peminjaman,” ujarnya (14/10).

Ade menjelaskan, untuk mekanisme pengembalian buka dilakukan dengan sistem jemput bola. Artinya, petugas Perpustakaan Umum Kabupaten Kepulauan Seribu yang akan mendatangi rumah warga untuk mengambil buku bacaan yang akan dikembalikan.

“Petugas kami pastikan menggunakan masker dan sarung tangan, serta meminimalisir kontak langsung,” terang Ade.

Ia menambahkan, treatment khusus juga dilakukan pada buku-buku yang telah selesai dipinjam. Buku tersebut akan dimasukkan ke kantong plastik dan sesampainya di kantor buku dijemur atau diangin-anginkan.

“Usai dijemur buku akan ditempatkan di rak karantina selama tiga hari sebelum dipindahkan ke rak buku utama. Melalui cara ini kami berharap masyarakat bisa terus membaca tanpa khawatir terpapar COVID-19,” tandasnya.

Untuk diketahui, informasi buku bacaan dan buku-buku cerita, petugas perpustakaan akan melakukan update informasi judul buku beserta sinopsisnya melalui Instagram @perpustakaankep.seribu dan melalui akun facebook, Perpustakaan Kepulauan Seribu. (hop)