Turbulensi Sport Di Indonesia

Kastara.id, Jakarta – Buku tentang olahraga berjudul Turbulensi Sport Di Indonesia yang ditulis oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto diluncurkan di Ruang Media Center Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (15/11). Gatot menuliskan beragam dinamika olahraga Indonesia yang dialaminya ketika bergabung bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Alhamdulilah kepada semuanya buku ini akhirnya terbit yang pengerjaannya kurang lebih memakan waktu tiga bulan. Dalam buku ini saya bercerita banyak tentang pengalaman dan dinaminka yang saya alami dalam menghadapi persoalan olahraga di Indonesia. Seperti mengawal Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang alhamdulilah semuanya bisa berjalan lancar. Ditambah lagi saya menuliskan masalah pembekuan PSSI yang waktu itu banyak mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat,” kata Gatot.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga, Pak Menpora Imam Nahrawi, dan semua pihak yang terkait dalam pembuatan buku ini. Buku ini mungkin jauh dari kesempurnaan, karena dibuat dalam situasi yang sangat super mepet di tengah kesibukan rutin, persiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Saya tentu terbuka dari berbagai pihak dan bahkan mungkin puluhan kritik dan komentar negatif. Ini semua akan menjadi pembelajaran bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan event dan prestasi olahraga Indonesia,” tambahnya.

Hadir beberapa tokoh olahraga, atlet hingga pengamat olahraga di Indonesia, di antaranya Ketua INASGOC Erick Thohir, Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, Juara Dunia Angkat Besi Eko Yuli, dan Pengamat Olahraga Budiarto Shambazy.

Erick Thohir menyampaikan selamat kepada Gatot yang sudah menulis buku ini. “Saya paham sekali bagaimana peran Pak Gatot ketika membantu saya mengawal secara birokrasi untuk kesuksesan Asian Games 2018, dan saya banyak belajar juga. Saya harap buku ini bisa menjadi pegangan kita untuk masa akan datang dan untuk Olahraga Indonesia lebih baik,” kata Erick. (lan)