Liga Berkuda Equestrian 2021

Kastara.ID, Jakarta – Kurnia Stable berhasil menjadi juara umum dengan mengumpulkan empat medali emas dan satu perunggu pada final Equestrian Championship League 2021 di lapangan berkuda Pulomas, Jakarta, 13-14 November 2021.

Pada lomba equestrian yang digelar pada Sabtu dan Minggu, perolehan medali Kurnia Stable ditorehkan duo kakak beradik Muhammad Akbar Maulana dan Muhammad Akbar Kurniawan dengan menyabet medali di nomor dressage (tunggang serasi) serta jumping (lompat halang rintang).

Dari data panitia menyebutkan, Akbar unggul di kelas Dressage Elementary Open setelah menumbangkan dua kompetitor, Muhammad Rafi Fatinaya dari Branchsto Equestrian Park dan Marco Wowiling atlet berkuda Equinara Horse Sport.

“Alhamdulillah, prestasi kami konsisten sejak seri pertama hingga kelima,” ujar Fatchul Anas, ayah kedua rider sekaligus pemilik Kurnia Stable.

Prestasi Akbar disusul oleh adiknya, Aan nama panggilan Muhammad Akbar Kurniawan, guna menumpuk pundi-pundi medali emas di kandang Kurnia Stable.

Aan digdaya untuk nomor Dressage Advance Open usai mengalahkan perlawanan Asep Lesmana rider APM Equestrian Centre dan Xian Onnodhia N Habibie penunggang asal W Equestrian Arthayasa.

Sementara lomba yang tak kalah menarik bagi penyuka olahraga berkuda adalah di kelas jumping. Pada kelas yang memperlombakan lompatan setinggi 105 centimeter open, Aan meraih juara pertama disusul runner up Evalia Purnama dari Equinara Horse Sport dan posisi ketiga ditempati Marco Momuat jumper asal Aragon Equestrian Sport.

Adapun di kelas halang rintang setinggi 115 centimeter U-21, Aan juga menyabet medali emas usai mengalahkan lawan-lawannya: Glory Gabriella Surya dari W Equestrian Arthayasa dan Jundi Elwaton penunggang dari Shadike Stable.

Equestrian Championship League adalah agenda resmi PP Pordasi bertujuan mendapatkan atlet bertalenta serta menjaring rider Indonesia guna tampil di pentas internasional, termasuk Asian Games dan Olimpiade.

Menurut salah satu pengurus PP Pordasi yang tak bersedia disebutkan namanya, liga equestrian yang berlangsung di Pulomas, Jakarta, kemarin, untuk kedua kalimya digelar. Sebelumnya, liga ini diadakan tahun lalu dan berlangsung sukses. (wepe)