Tol Laut

Kastara.id, Jakarta – Pembukaan tol laut akan memperlancar arus perdagangan lewat laut, sehingga pengiriman barang bisa lebih cepat.

“Nah sekarang barang mau ke Sumatera tidak harus lewat Jakarta, lewat pelabuhan Cirebon ini. Mau masuk ke Palembang, ke Sumut, Sumbar itu lewat Cirebon. Jadi tidak merusak barang, tidak memperlambat jalur selat Merak,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo dalam keterangannya di Jakarta (14/12).

Menurut Mendagri, fungsi pelabuhan dalam memperlancar arus perdagangan sangat penting. Apalagi Indonesia memiliki banyak potensi bahan mentah, yang bisa diolah menjadi barang dengan nilai ekonomis tingg.

“Kita punya potensi barang mentah yang siap diolah. Kalau bisa di semua daerah, semua provinsi, ada beberapa program yang tidak hanya dipasarkan lokal tapi juga luar. Bagaimana sekarang ini Bea Cukai banyak memberikan kemudahan-kemudahan yang ada,” tegasnya.

Dia menegaskan, pemerintahan Jokowi memberi perhatian besar terhadap kelancaran arus perdagangan. Sebab faktanya, selama ini peran pelabuhan kurang diperhatikan, terutama dari sisi fasilitasnya.

“Diawali dari pemerintahan Pak Jokowi ini kalau kita mau jujur 90% pelabuhan-pelabuhan kecil dan besar itu ditingkatkan. Yang tadi saya sebut dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, pelabuhannya ada,” tambahnya. (npm)