Penerangan Jalan Umum

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta akan memasang penerangan jalan umum (PJU) baru di 3.518 titik pada tahun 2019.

Pemasangan PJU baru tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pencahayaan kota baik di pedestrian, jalan arteri, jalan kolektor di lima wilayah kota, kawasan tempat ibadah, serta persimpangan jalan.

Kepala Bidang Pencahayaan Kota Dinas PE DKI Jakarta Syamsul Bakhri merinci, untuk pemasangan PJU baru akan dilakukan di 1.047 titik di Jakarta Selatan, Jakarta Barat 579 titik, Jakarta Pusat 752 titik, Jakarta Timur 641 titik, dan Jakarta Utara 184 titik.

“Pemasangan PJU baru juga akan dilakukan di kawasan tempat ibadah sebanyak 281 titik dan 34 titik persimpangan jalan,” ujarnya, Rabu (16/1).

Syamsul menjelaskan, khusus pedestrian yang lebar, PJU baru yang akan dipasang menggunakan tiang gendong atau bercabang. Sehingga, ada lampu yang menyorot ke jalan protokol dan satu lampu lainnya mencahayai area pedestrian.

“Pengaplikasian tiang gendong dapat meningkatkan estetika serta merealisasikan adanya penghematan penggunaan tiang,” terangnya.

Syamsul menambahkan, pihaknya menargetkan paling lambat pada akhir Februari sudah bisa dilakukan tahapan lelang pemasangan PJU baru. “Kita ingin di bulan Maret pengerjaan fisik di lapangan sudah dapat dimulai,” tandasnya. (hop)