Apotek Hidup

Kastara.ID, Depok – Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Nessy Annisa Handari menempati pos yang baru. Ketika ditemui di ruang kerjanya, program kerja pada bulan Januari ini fokus ke P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) yang nanti ditempatkan di dua kelurahan yaitu Kelurahaan Cipayung dan Kelurahaan Pondok Terong.

Untuk penilaian P2WKSS terdapat tiga aspek penting yang menjadi tolak ukurnya. Adapun yang dinilai meliputi pembangunan fisik, seperti perbaikan jalan, RTLH, perbaikan saluran air bersih, MCK, dan penerangan jalan umum. Selanjutnya yaitu penyuluhan dan pembinaan baik Posyandu, Posbindu, PosKB, penyuluhan kesehatan lingkungan, penyuluhan pernikahan usia dini, serta penyuluhan narkoba.

“Mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di lokasi program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Cipayung, Depok, untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga). Hal tersebut dilakukan juga sebagai salah satu langkah dalam pengobatan keluarga secara mandiri,” ujar Nessy.

Nessy juga mengajak ibu-ibu yang notabenenya sebagai kader PKK binaan tersebut untuk mulai menanam Toga yang dirasa dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri setiap harinya, baik untuk pengobatan maupun bahan memasak, di mana untuk awal cukup menanam lima buah Toga.

Beberapa tanaman yang sering ditanam di antaranya tanaman sirih, terong, selada, sawi, kencur, jahe, atau cabai rawit. (rud)