Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 167 peserta mengikuti aksi sosial donor darah yang diselenggarakan dalam rangka memperingati satu dekade Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia di Kantor PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Aksi kemanusiaan yang diadakan Sabtu (15/1) kemarin tersebut dibuka pelaksanaannya oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) dan dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, serta Direktur Keuangan PT Jakarta Tourisindo, Zulfarshah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ariza menyampaikan apresiasi pelaksanaan donor darah yang sangat berguna dan bermanfaat bagi sesama tersebut.

“Saya mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Rekan Indonesia. Selain ada event tahunan, Rekan Indonesia juga aktif setiap tiga bulan sekali melakukan acara donor darah,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Ahad (16/1).

Ia menambahkan, donor darah ini sangat penting. Sebab, dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini PMI DKI kerap mengalami keterbatasan stok darah.

“Kegiatan yang dilakukan Rekan Indonesia ini dapat meningkatkan persediaan darah di PMI. Sehingga bisa membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah,” terangnya.

Sementara Ketua Rekan Indonesia DKI Jakarta, Martha Tiana Hermawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu hingga acara donor darah yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-10 Rekan Indonesia berjalan sukses dan lancar.

“Ada 223 orang yang mendaftar dan 200 peserta hadir. Namun, setelah dilakukan skrining kesehatan dan kelayakan hanya 167 orang yang dinyatakan bisa berdonor,” tandasnya.

Untuk diketahui, aksi sosial donor darah rekan Indonesia ini terealisasi melalui kolaborasi dengan PMI DKI Jakarta, Baqoel.com, Perumda PAM Jaya, PT Transjakarta, PT Jakarta Propertindo, PT Bank DKI, PT Jakarta Tourisindo, serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta. (hop)