Kecamatan Cinere

Kastara.ID, Depok – Sejumlah upaya dilakukan Kecamatan Cinere guna menekan angka stunting atau gagal tumbuh pada anak. Berbagai cara dilakukan agar semua anak di wilayah tersebut dapat terpenuhi gizinya.

Camat Cinere, Sugianto mengatakan, ada enam cara yang dilakukan pihaknya. Di antaranya melakukan verifikasi data anak penderita stunting bekerja sama dengan Puskesmas, serta melakukan pendampingan terhadap ibu hamil.

“Karena anak mengalami stunting bisa terjadi sejak dari dalam kandungan maupun dalam seribu hari pertama kehidupan,” katanya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (16/2).

Kemudian melakukan sosialisasi pola asuh terhadap anak yang baik dan benar kepada masyarakat, melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dan gizi, serta memberikan sosialisasi tentang sanitasi yang baik.

“Kami juga memberikan makanan tambahan bagi bayi dan sembako untuk orang tuanya,” tuturnya.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Depok per Agustus 2021, terdapat 92 anak mengalami stunting di wilayahnya. Saat ini sedang dilakukan validasi terkait kebenaran data tersebut.

“Semoga dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan, Kecamatan Cinere bisa bebas stunting dan semua pihak tetap semangat dalam menangani masalah ini. Baik dari tenaga medis, lurah, kader dan masyarakatnya,” tutupnya. (dha)