Depok

Kastara.ID, Depok – Memasuki bulan vitamin A yang dilaksanakan setiap Februari dan Agustus, Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) mulai gencar memberikan vitamin A kepada balita usia 6-59 bulan. Adapun sasarannya sebanyak 1.725 balita yang ada di Kelurahan Cipas.

“Pemberian vitamin A di Kelurahan Cipas sudah berjalan di setiap Posyandu yang ada dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (16/2).

Lebih lanjut, ucap Nunung, vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis yaitu warna biru dan merah. Untuk warna biru dengan dosis 100 ribu Internasional Unit (IU) bagi balita usia 6-11 bulan, sedangkan warna merah dengan dosis 200 ribu IU bagi balita 12-59 bulan.

“Vitamin A memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Antara lain meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi serta membantu meningkatkan daya penglihatan anak,” ujarnya.

Terakhir, Nunung berpesan kepada warga Cipas untuk memanfaatkan bulan vitamin A dengan membawa anaknya yang masih balita ke Posyandu terdekat. Pihaknya juga akan melakukan sweeping door to door jika ada balita yang belum mendapatkan vitamin A.

“Mudah-mudahan dengan pemberian vitamin A, anak-anak di Kota Depok dapat tumbuh sehat,” tandasnya. (dha)