Lintas Atas

Kastara.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan dua lintas atas di Bintaro Permai, Jakarta Selatan dan Cipinang Lontar, Jakarta Timur, yang dilakukan sekaligus di lokasi Lintas Atas Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

“Hari ini, lintas atas di Bintaro Permai dan Cipinang Lontar secara resmi dibuka bisa digunakan,” kata Anies pada acara peresmian dua lintas atas tersebut di Lintas Atas Bintaro Permai, Jakarta Selatan, Jumat (16/3).

Dirinya berharap, dua proyek lintas atas ini dapat ikut membantu mengurai potensi kemacetan yang terjadi di lintasan-lintasan kereta api. “Kita berharap juga membantu meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan yang melintasi wilayah-wilayah yang ada rel kereta apinya,” paparnya.

Disebutkan untuk yang Lintas Atas Cipinang Lontar, panjangnya 545 meter, kemudian Lintas Atas Bintaro Permai ini panjangnya 391 meter. “Dan Alhamdulillah ini tuntas, sekarang tinggal ada dua proyek lagi lintas tak sebidang, yaitu di Mampang dan Matraman. Kalau itu semua tuntas, maka enam proyek lintas tak sebidang akan selesai semuanya,” terangnya.

Ia menambahkan, dua lintas tak sebidang lainnya, Insya Allah akan selesai, yang di Matraman selesai sekitar akhir Maret 2018, kemudian yang di Mampang, pada 7 April sudah operasional.

“Sekarang kita menyaksikan banyak sekali kereta api yang lewat, kalau kereta api lewat otomatis jalan ditutup, otomatis menghasilkan potensi hambatan, maka sering kereta api lewat, makin sering berhenti. Dengan adanya lintas tak sebidang itu, maka kereta api yang lewat tidak ada dampaknya bagi lalu lintas, dan yang kedua soal keselamatan karena lintas tak sebidang ini tak berseberangan langsung dengan lintasan kereta api,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menambahkan, Lintas Atas Bintaro Permai ini, diprediksi akan mengurangi kemacetan sekitar 50 persen, karena sudah tidak ada lagi perlintasan sebidang. “Jadi yang di bawah lancar, dan yang di atas lancar,” kata Andri.

Selain peresmian dua lintas atas tersebut, dilaksanakan pula penandanganan prasasti terhadap Lintas Atas Cipinang Lontar, Lintas Atas Bintaro Permai, Lintas Atas Pancoran Sisi Selatan, dan Lintas Bawah Kartini Lebak Bulus. Untuk Lintas Atas Pancoran Sisi Selatan dan Lintas Bawah Kartini Lebak Bulus telah diresmikan sebelumnya. (rud)