Vaksinasi

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate, optimis penyelenggaraan vaksinasi massal COVID-19 bagi 182 juta masyarakat di Indonesia dapat selesai dalam satu tahun. Pasalnya, satu orang vaksinator mampu menyuntikkan vaksin kepada lebih dari 40 orang dalam satu hari.

“Setengah hari saja, satu vaksinator kita dapat melakukan vaksinasi mencapai 40 orang,” kata Johnny Gerard Plate di Hall A Basket Senayan, Jakarta, Selasa (16/3).

Menurut dia, kemampuan dari para vaksinator yang mampu melakukan vaksinasi di atas angka 40 orang per hari akan mempercepat pengentasan COVID-19 di dalam negeri. Sehingga vaksinasi massal yang digelar oleh pemerintah dapat diselesaikannya sesuai dengan target atau lebih cepat.

“Kecepatan vaksinasi ini tentu, akan membantu yang kecepatan nanti pemulihan kesehatan nasional kita,” kata dia.

Dengan selesainya vaksinasi dalam waktu satu tahun, maka dapat segera mewujudkan cita-cita pemerintah mencapai kekebalan kelompok atau Herd Immunity.

“Kita bisa mendapatkan imunitas kelompok atau kekebalan kelompok tahun ini,” imbuhnya.

Kemudian, adanya faktor kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan di pusat dan daerah akan mendukung memutus penyebaran wabah global COVID-19. Mengingat, kerja sama yang di jalin akan berdampak sangat besar dalam efektivitas penanganan pandemi.

“Penyelesaiannya bisa dilakukan dalam waktu yang tepat. Melalui proses kerja sama lintas kementerian, lembaga pemerintah pusat, pemerintah daerah, bersama seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkominfo menilai, semakin cepat program vaksinasi massal COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target, maka, pembentukan kekebalan kelompok di berbagai daerah dapat segera terwujud terhadap wabah global tersebut dalam waktu beberapa waktu ke depan.

“Semakin cepat kita lakukan semakin baik. Semakin cepat pula kita menghasilkan kecepatan kelompok,” ujar Menkominfo beberapa waktu lalu.

Menurut dia, program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini sudah tepat. Karena, langkah strategis ini yang akan membawa Indonesia bangkit di berbagai sektor dari dampak buruk wabah global COVID-19 yang sudah satu tahun merebak.

Dengan pulihnya banyak sektor tersebut, maka kegiatan produktif masyarakat dapat senantiasa dilakukan pada sehari-hari. Bahkan, target mencapai pertumbuhan perekonomian tumbuh mencapai 5 persen berpotensi besar dapat terwujud pada tahun ini.

“Pertumbuhan ekonomi kita sudah lebih baik sudah bisa positif dan bisa sesuai target kita sebanyak 5 persen,” kata dia. (ant)