Mohammad IdrisWali Kota Depok Mohammad Idris berbincang dengan pedagang kelapa saat inspeksi mendadak di Pasar Sukatani, Kota Depok, Rabu (16/5). (Rudi Irwanto-Kastara.ID)

Kastara.id, Depok – Satu hari menjelang bulan Ramadan, Wali Kota Depok Mohammad Idris yang didampingi Kapolresta Depok Kompes Pol Didik Sugiarto melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pengawasan ketahanan pangan di Pasar Sukatani, Kota Depok, Rabu (16/5). Dalam sidak tersebut, Idris sekaligus mengecek pasokan dan harga bahan pokok.

“Dari hasil pemantauan yang sudah kami lakukan termasuk di beberapa pasar besar lainnya yaitu Pasar Tugu, Pasar Cisalak, dan Pasar Kemiri Muka, ketersediaan bahan kebutuhan pokok seperti beras, daging sapi, daging ayam, dan telur masih cukup. Selain itu, harga sejumlah komoditi juga terbilang cukup stabil,” kata Mohammad Idris usai melakukan sidak.

Di Pasar Sukatani, harga beras kualitas premium masih stabil yaitu Rp 11.420/kg, daging sapi murni Rp 120.000/kg, daging ayam broiler Rp 37.257/kg, telur ayam broiler Rp 22.767, minyak goreng curah Rp 11.157/liter, dan gula pasir Rp 12.583/kg.

“Ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti bawang merah dan cabai merah keriting tetapi naiknya masih dalam batas harga yang wajar,” ujarnya.

Menurut Idris, pihaknya juga melakukan uji sampel makanan yang mengandung bahan berbahaya. Dari hasil uji tersebut ditemukan ada bahan makanan yang menggunakan zat formalin. “Ada bakso yang terindikasi mengandung zat pengawet tetapi masih diteliti lebih lanjut,” katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga, Pemkot Depok berencana menggelar operasi pasar di beberapa titik bekerja sama dengan Bulog.

Sementara itu Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto menegaskan jangan ada pihak yang berani melakukan penimbunan barang. “Jika ada pihak yang melakukan penimbunan akan kami tindak tegas,” tegasnya. (*)

Inspeksi Mendadak
Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto saat mendapat paparan terkait uji sampel makanan yang mengandung bahan berbahaya di sela inspeksi mendadak di Pasar Sukatani, Depok, Rabu (16/5). (Rudi Irwanto-Kastara.ID)
Pewarta/Foto: Rudi Irwanto-Kastara.ID
Editor: Dwi