Xiaomi Mi 7

Kastara.id, Jakarta – Layar notch yang digunakan Xiaomi Mi 7 dikabarkan tak hanya sekadar desain. Seperti dilansir GSM Arena, terungkap adanya pengaturan dalam notch yang terlihat sangat mirip dengan FaceID milik Apple, yang pada dasarnya merupakan modul Xbox kinect.

FaceID pada Apple menggunakan proyektor dan kamera inframerah untuk membuka kunci ponsel menggunakan wajah. Sementara bocoran foto dari perangkat Xiaomi yang diduga menggunakan FaceID menunjukkan bahwa perangkat keras yang sama juga digunakan untuk mereplikasi tugas untuk tingkat keamanan yang sama.

Gambar tersebut memperlihatkan notch yang lebih lebar pada Xiaomi Mi 7, mirip dengan iPhone X, sekaligus memastikan adanya teknologi rumit yang diaplikasikan di dalamnya.

Seperti diketahui, hampir semua perangkat Android yang memiliki sistem keamanan pemindaian wajah hanya mengandalkan kamera yang menghadap ke depan dan solusi bawaan Android. Layar notch hanya diisi dengan sensor jarak, sensor cahaya, dan lubang suara telepon, yang menyebabkan ukuran notch lebih kecil.

Dikabarkan pula Xiaomi tengah bermasalah mengimplementasikan FaceID pada Mi 7-nya yang menyebabkan penundaan peluncuran ponsel tersebut. Mi 7 kabarnya akan debut global pada 23 Mei mendatang. (rfr)