Ciganjur

Kastara.ID, Jakarta – Taman Tabebuya di Jalan Moh. Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, mulai beroperasi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Kasatpel Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Jagakarsa, Oktiva Tri Wahyuni  mengatakan, Taman Tabebuya telah beroperasi sejak Sabtu (13/6) lalu dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Petugas kita akan mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki taman. Kita juga sediakan fasilitas cuci tangan dan mewajibkan pengunjung memakai masker,” ujarnya (15/6).

Ia menuturkan, di depan pintu masuk taman, pihaknya telah memasang banner berisi panduan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Selama dibuka, jam operasional taman ini dibagi menjadi dua sesi untuk mencegah kerumunan pengunjung di masa PSBB Transisi.

“Jam operasional kita bagi menjadi pukul 06.00 hingga 10.00 untuk sesi pertama. Selanjutnya dari pukul 14.00 hingga 17.00 untuk sesi kedua. Kita juga membatasi pengunjung maksimal sehari 70 orang,” sambungnya.

Lebih lanjut Oktiva mengutarakan, selain pengunjung, petugas keamanan dalam (pamdal) taman juga diwajibkan mengenakan masker, menerapkan physical distancing, merutinkan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Jadi para petugas taman juga harus memantau kesehatan diri sendiri di samping mengawasi pengunjung,” tandasnya. (hop)