Taman Lapangan Banteng

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuka 16 Ruang Terbuka Hijau (RTH) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Salah satunya Taman Lapangan Banteng yang berada di wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Pantauan di lapangan, sebelum masuk ke areal taman, para pengunjung diminta mengisi daftar buku tamu di Pintu Selatan Taman Lapangan Banteng. Setelah itu, pengunjung diperiksa suhu badan dengan menggunakan alat thermal gun.

“Taman Lapangan Banteng sudah mengikuti protokol kesehatan. Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati taman ini dengan aman dan nyaman,” ujar Arby Novianto, Lurah Pasar Baru (15/6).

Ia menuturkan, untuk memudahkan pengunjung, pengelola Taman Lapangan Banteng telah menyiapkan enam tempat cuci tangan dan sabun di sebelah kanan pintu masuk taman. Sesuai dengan ketentuan PSBB Transisi, di hari kerja, taman ini dibuka dari pukul 05.00-18.00. Sementara hari Sabtu dan Ahad, taman beroperasi dari pukul 05.00-11.00 dan 14.00-18.00.

“Memang sementara waktu Lapangan Banteng ini hanya digunakan untuk olahraga lari di fasilitas jogging track. Sedangkan olahraga senam saat ini belum boleh karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan warga,” katanya.

Di tempat yang sama, Komandan Regu (Danru) Pengamanan Dalam (Pamdal) Taman Lapangan Banteng Mufti Rizal Siregar menambahkan, setiap pintu masuk taman ini dijaga sekitar tiga hingga lima petugas. Selain itu terdapat pula 40 petugas pertamanan yang merawat tanaman di seluruh areal taman ini.

“Setiap pengunjung kita wajibkan pakai masker dan tetap jaga kebersihan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tandasnya. (hop)