Kastara.ID, Sachsenring — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, terjatuh di Tikungan 1 Sirkuit Sachsenring dalam sesi Latihan 2 MotoGP Jerman, Jumat (16/6) sore waktu setempat.

Sesi Latihan 2 terpaksa dihentikan sementara dengan sisa waktu hanya 3 menit sebelum sesi benar-benar berakhir.

Saat itu ada tiga pembalap melaju beriringan, Alex Marquez (Gresini Racing), Marquez (Repsol Honda), dan Luca Marini (Mooney VR46 Racing) dengan selisih cukup jatuh satu sama lain di trek lurus.

Namun Marquez kehilangan kendali bagian depan motornya di titik pengereman Tikungan 1, tergelincir dan jatuh dengan sangat cepat. Motornya menghantam pembalap lain.

Nahas, pembalap Prancis, Johann Zarco, yang berada di titik masuk lintasan, hendak bergabung dalam Latihan 2, terkena hantaman motor Marquez.

RC213V yang meluncur dengan kecepatan tinggi mengenai bagian depan motor Zarco, seketika hancur berkeping-keping.

Untungnya Marquez maupun Zarco kondisinya baik-baik saja setelah bangkit dan berjalan di sisi lintasan usai benturan keras dan cepat itu.

Sesi Latihan 2 kemudian dilanjutkan setelah sirkuit dinyatakan bersih dan aman untuk digunakan kembali.

Latihan 2 pada akhirnya dipimpin oleh pembalap Italia, Marco Bezzecchi dengan waktu terbaik 1 menit 20.271 detik.

Sementara Marquez terlempar ke Q1 karena hanya menempati posisi ke-18 dengan selisih waktu +1.870 detik.

Sesi Kualifikasi dan Sprint Race akan berlangsung pada Sabtu (17/6) besok. Dilanjutkan dengan balapan utama pada Ahad (18/6) akhir pekan ini.

Marquez diharapkan bisa bangkit di Kualifikasi nanti dan menang dalam balapan. Mengingat Marquez adalah pembalap paling menguasai lintasan pendek Sachsenring. (tra)