Anambas

Kastara.ID, Anambas – Sebagai upaya pelestarian laut dan pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kampanye pelestarian laut berupa himbauan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) untuk tidak membuang sampah ke laut dan berhenti mengonsumsi telur penyu sekaligus memberikan bantuan vitamin dan masker kepada masyarakat pesisir di sekitar kawasan konservasi. Kali ini, bantuan diberikan oleh Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru kepada masyarakat pesisir di sekitar Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas, selama Juli 2020.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Aryo Hanggono menegaskan kegiatan ini merupakan bentuk Kampanye KKP dalam menjaga alam dan pelestarian penyu yang diselenggarakan LKKPN Pekanbaru selaku pengelola kawasan konservasi kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 khususnya masyarakat pesisir Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Himbauan tersebut sekaligus tertulis pada masker yang telah dibagikan kepada masyarakat. Selain itu pembagian vitamin dan masker bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pesisir agar dapat tetap produktif di masa pandemi ini,” ujar Aryo saat memberikan keterangan di Jakarta (16/8).

Dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Aryo mengharapkan kesehatan dan produktivitas masyarakat pesisir khususnya nelayan tetap terjaga, sehingga produktivitas nelayan dalam menyediakan ikan dan kondisi perekonomian masyarakat pesisir tidak ikut goyah akibat pandemi ini.

Sementara Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan melaporkan, selama bulan Juli lalu sudah tersalurkan sebanyak 30 paket vitamin dan 180 masker kepada Kompak dan masyarakat di beberapa Desa seperti Tarempa, Arung Hijau, Kuala Maras, Air Asuk, Ladan, Sri Tanjung, dan Telaga.

“Direncanakan pada bulan Agustus akan disalurkan kembali sebanyak 20 paket vitamin dan 320 masker kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar kawasan konservasi TWP Kepulauan Anambas agar tetap dalam kondisi sehat dan produktif, terutama di masa pandemi ini,” jelas Fajar di Anambas.

“Selain itu, untuk mengurangi pencemaran laut akibat sampah plastik, LKKPN Pekanbaru juga membagikan totebag sebagai pengganti single use plastik yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” tutup Fajar. (wepe)