MotoGP Austria 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Spielberg – Serunya balapan MotoGP Austria sejak lap pertama hadirkan banyak pertarungan jarak dekat antar pembalap.

Bahkan di lap-lap jelang akhir balapan, pertarungan makin memanas antara pembalap Repsol Honda Marc Marquez melawan pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia.

Hujan yang mulai turun membuat drama dimulai, sehingga beberapa pembalap memilih untuk mengganti motor ke ban hujan, sementara sisa lainnya tetap bertahan dengan ban kering di tengah lintasan yang mulai basah, sangat berbahaya dan nekat.

Begitu Marquez yang memimpin lima pembalap dalam kelompok depan masuk ke pit lane, pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder yang berada di posisi keenam, justru memutuskan untuk tetap lanjut, yang pada akhirnya menjadi sebuah keputusan yang menghasilkan kemenangan perdananya untuk musim 2021.

“Sebelumnya saya pergi tidur tadi malam berpikir yang saya inginkan hari ini adalah podium. Sudah lama sekali! Sudah terlalu lama (rentang waktu tanpa podium) saya tidak tahu berapa tahun sejak saya di podium. Saya sudah dekat beberapa kali, berhasil finis posisi keempat beberapa kali, tetapi belum kembali ke podium.

Sejujurnya, saya mengalami balapan yang menghebohkan sebelum saya memutuskan untuk tetap lanjut dengan ban kering ketika semua pembalap masuk ke Pit mengganti motor,” papar Binder seperti dimuat Crash.

“Ban belakang tidak seperti yang saya alami sepanjang akhir pekan. Setiap kali saya mencoba mengerem, bannya slide ke mana-mana. Saya membuka gas dan tidak mau maju. Saya mengalami kesulitan besar di luar sana, tapi ketika saya melihat hujan mulai turun, saya mendekat ke grup depan dan berpikir hanya ada empat lap tersisa.

Saya bisa melihat orang-orang bersiap untuk masuk, karena saya melihat Marquez, dia melihat ke belakangnya dan saya tidak bisa memutuskan apakah saya harus masuk ke Pit atau tidak. Saya baru saja memutuskan di saat-saat terakhir ketika saya melihat grup itu masuk ke pit untuk mencoba. Lap pertama bagus, tapi dua lap terakhir adalah sesuatu yang lain.

Lap terakhir remnya benar-benar dingin, begitu juga dengan ban. Saya benar-benar berjuang untuk tetap di racing line. Tapi bagaimanapun, kadang-kadang Anda harus bertaruh dan hari ini berhasil. Saya sangat senang tentang itu,” jelas Binder.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua bagi Binder di kelas utama, setelah kemenangan perdananya di Brno tahun lalu. (tra)