Kastara.ID, Spielberg — Pabrikan Jepang, Yamaha, telah mengonfirmasi bahwa pembalap Spanyol, Alex Rins, akan bergabung dengan tim pabrikan Monster Energy Yamaha mulai MotoGP tahun depan.

Rins akan menggantikan pembalap Italia, Franco Morbidelli, yang gagal memenuhi ekspektasi Yamaha.

Rins meninggalkan Honda di tengah jalan setahun lebih awal, sesuai dengan klausul dalam kontrak jika mendapat tawaran dari pabrikan lain.

Bos Yamaha, Lin Jarvis, mengungkap apa yang membuat pihaknya memilih Rins untuk disandingkan dengan pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo.

“Dia petarung sejati,” tandas Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, kepada GPOne.com, dan dilansir Speedweek.com.

“Dia pembalap yang efisien dan cepat, tapi dia hanya memenangkan satu GP. Alex memiliki bakat yang lebih alami dan terkadang mampu menunjukkan hal-hal yang sensasional. Tidak boleh dilupakan bahwa dia adalah satu-satunya pemenang GP dengan motor non-Ducati,” ungkapnya.

“Dia memenangkan dua GP dengan Suzuki tahun lalu dan menang dengan Honda tahun ini. Tentu, Austin adalah trek favoritnya, tetapi dia memiliki sikap dan pengalaman yang positif dengan inline-4. Dan dia benar-benar ingin bergabung dengan kami,” imbuh Jarvis.

Seperti tahun ini, Yamaha tahun depan akan kembali turun tanpa tim satelit. (tra)