Headline

Jokowi: KPK Tak Kenal Pengembalian Mandat

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara terkait pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo yang menyerahkan mandat pengelolaan lembaga antirasuah kepada Jokowi.

Sempat ramai diperbincangkan dan penuh pro kontra, Jokowi meminta Agus Raharjo dan pimpinan KPK yang menjabat saat ini bersikap bijak selaku pejabat negara.

Selain itu Jokowi menegaskan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, tak mengenal ada istilah pengembalian mandat kepada presiden (16/9).

Jokowi menambahkan, sejak awal tak pernah meragukan pimpinan KPK periode 2015-2019. Menurutnya, KPK merupakan salah satu lembaga negara, sehingga pemimpinnya pun harus bersikap bijak dalam bernegara.

Jokowi mengaku belum tahu kapan akan bertemu dengan pimpinan KPK saat ini. Presiden terpilih untuk kedua kalinya itu menyatakan bahwa pertemuan akan diatur oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Di lain sisi, Ketua KPK Agus Rahardjo yang sebelumnya sempat menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Jokowi karena terdapat berbagai serangan terhadap KPK masih menunggu perintah dari presiden apakah pihaknya masih akan dipercaya memegang tanggung jawab di KPK hingga Desember. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…