PPM

Kastara.ID, Jakarta – Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga (PPM) hasil Munaslub resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (15/9) malam. Pelantikan dihadiri sejumlah perwira TNI.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, PPM dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) tidak terpisahkan karena memang PPM merupakan anak biologis LVRI. Menhan juga menegaskan tak ada dualisme kepengurusan PPM. Karena yang lain pasti bukan anak kandung LVRI.

”Pemuda Panca Marga adalah organisasi kemasyarakatan pemuda yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpun bagi putra-putri veteran Republik Indonesia beserta keturunannya yang memiliki hubungan kesejarahan, aspirasi dan koordinasi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan merupakan bagian dari Keluarga Besar TNI/Polri,” kata Menteri Ryamizard Ryacudu.

Menurutnya, Pemuda Panca Marga merupakan wadah berhimpunnya para pemuda anak biologis dan juga anak ideologis veteran dan pejuang, yang menjadi sebuah kekuatan dalam satu kesatuan jiwa kejuangan dan kepahlawanan. Oleh karena itu para pemuda ini tidak boleh dibiarkan berjalan tanpa arah.

”LVRI sebagai orang tua biologis dan juga ideologis harus tetap membina, agar arah dan tujuan perjuangan organisasi dapat terarah. Jika dilepaskan, tanpa arahan dan pembinaan LVRI, sama saja membiarkan sebuah organisasi yang liar tanpa arah yang jelas,” kata Menhan.

Pemuda Panca Marga, tambahnya, berfungsi sebagai sarana dalam proses pewarisan, pelestarian serta pembudayaan jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45 sebagai perwujudan kesetiaan kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wahana perjuangan dan pengabdian dalam mencapai cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Perekat persatuan dan kesatuan, pengemban hakikat tatanan baru dan merupakan bagian dari Sishankamrata.

”Oleh karena itu, saya tegaskan kembali bahwa organisasi PPM di bawah naungan LVRI. PPM adalah organisasi biologis dari LVRI yang tidak akan terpisahkan dan sebagai perekat NKRI dalam pelestarian Pancasila dan nilai-nilai perjuangan 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Organisasi massa Pemuda Panca Marga (PPM) harus kembali kepada khittahnya yang benar,” tandas Menhan Jenderal Purnawirawan TNI Ryamizard Ryacudu.

Dalam pesan tertulisnya tersebut, Menhan juga menyebutkan bahwa khittah PPM, yakni bebas dari politik praktis dan tetap mengakui LVRI sebagai organisasi induk yang melahirkannya. LVRI dan anggota PPM dilarang melakukan politik praktis. Sikap politik LVRI dan PPM sama, yakni pro politik kenegaraan.

Sebelumnya, Berto Izaak Doko telah dilantik dan resmi memimpin Pemuda Panca Marga (PPM) setelah melalui proses pelantikan oleh Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

Dihadiri oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko serta jajaran keanggotaan LVRI dan PPM.

Usai dilantik, Berto dan pimpinan baru PPM membacakan Sumpah Prasetia Panca Marga. Berto terpilih melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa Pemuda Panca Marga (PPM) di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/9) silam.

Berto berkomitmen akan memimpin PPM supaya setia kepada NKRI. Selain itu, bersama-sama TNI dan Polri, PPM bertekad untuk menjaga keamanan negara. “Sikap kita jangan lagi abu-abu. Sikap kita tegak lurus terhadap NKRI. NKRI harga mati, merah putih bendera kita, pimpinan kita adalah Bapak Jokowi, udah itu, titik,” ucap Berto.

Nah sekarang, imbuhnya, langkah prioritas dan strategis untuk menjalankan roda organisasi PPM adalah konsolidasi membangun infrastruktur basis PPM untuk menghadapi era Milineal, sehingga PPM di masa kini dan di masa mendatang tetap eksis serta dapat di terima generasi Milineal, bahkan menjadi kawah candradimuka pembinaan generasi Milineal di kalangan keluarga besar TNI. Selain itu, secara eksternal, PPM bisa eksis menjadi garda terdepan menjaga keamanan, ketahanan dan kedaulatan NKRI.

“Tantangan yang dihadapi PPM saat ini dan di masa mendatang tidaklah ringan, namun semua itu bisa dihadapi dengan kekompakan, saling menghormati, saling mendukung dan saling membantu dalam satu keluarga besar PPM anak kandung LVRI, itu harus dibentuk dan dijaga untuk mencapai kejayaan bersama,“ kata Berto.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin mengatakan, Pemuda Panca Marga (PPM) tetap di bawah naungan veteran. Penegasan itu disampaikan menyambut terpilihnya Berto Izaak Doko sebagai Ketua Umum PPM yang baru. (danu)