Asian Games 2018

Kastara.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta Inasgoc, selaku panitia Asian Games 2018 bisa menonjolkan kolaborasi budaya Nusantara dalam pesta olahraga se-Asia tersebut.

Inasgoc dan Kementerian Pariwisata dapat menggunakan ajang ini untuk mempromosikan kekhasan budaya tanah air dalam setiap aspek pelaksanaan event. “Kapan lagi kita memperkenalkan adat, tradisi dan kekayaan budaya nusantara kepada para tamu yang datang dari semua negara Asia, kalau bukan di Asian Games ini,” kata Sutan, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (16/1).

Menurut Sutan, salah satu kolaborasi budaya yang bisa ditampilkan adalah dalam bentuk penyambutan kontingen, acara pembukaan, desain baju atlet, souvenir atau cenderamata, hingga pada atraksi khusus budaya dalam penyerahan medali. Untuk mewujudkan ini, Sutan mengatakan perlu koordinasi antara Menpora, Menpar, dan Inasgoc.

“Sehingga diharapkan akan ada tampilan budaya nasional dalam perhelatan Asian Games ini menjadi atraksi budaya yang memukau delegasi yang hadir,” tandas politisi F-Gerindra itu.

Bahkan dalam mewujudkan hal ini, Sutan mengaku siap untuk memanggil para pihak yang terkait untuk mengakomidir usaha menonjolkan identitas lokal Indonesia dan dunia pariwisata. “DPR ingin mendengar konsep yang ditawarkan Inasgoc, sudahkah konsep budaya dalam perhelatan Asian Games 2018 nanti diakomidir, jika belum kita ingin ada kolaborasi itu,” harap politisi asal dapil Jambi itu. (nad)