Pilpres 2019

Kastara.ID, Jakarta – Debat capres dan cawapres episode perdana bakal digelar Kamis (17/1) malam ini. Hal itu disampaikan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menetapkan tanggal tersebut termasuk tema debat, panelis, hingga moderator yang memandu jalannya debat “panas” malam nanti.

Berdasarkan informasi yang diberikan KPU, tema yang diangkat malam ini adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Tema di episode perdana tersebut akan menjadi ajang debat pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 (Joko Widodo-Maruf Amin) dan capres cawapres 02 (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno).

Selain itu, KPU juga telah memutuskan Ira Koesno dan Imam Priyono yang bakal menjadi moderator. Ira Koesno pernah memandu debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 silam. Sedangkan Imam Priyono dikenal sebagai jurnalis senior TVRI.

“Inginnya debat ya panas, tapi ya panasnya harus terkontrol, jangan meledak. Ini juga peran sertanya teman media,” ujar Ira Koesno beberapa waktu lalu.

Ira pun mengaku, sebagai moderator dirinya harus menyampaikan pertanyaan secara tegas dan jelas agar masyarakat mampu menyimaknya dengan baik untuk menentukan pilihannya.

“Publik yang katanya masih banyak yang galau bisa melihat debat ini jadi salah satu referensi untuk menentukan pilihan. Karena yang paling penting adalah memilih, jangan golput,” imbuh Ira yang memastikan posisi dirinya yang netral.

Bahkan Ira dengan tegas menyangkal bahwa adanya kisi-kisi yang diberikan akan membuat debat menjadi adem ayem. Dari enam segmen yang ada, jelasnya, tidak semuanya diketahui capres dan cawapres.

“Pertanyaan itu hanya pemantik. Jadi jauh sekali kalau berpikir bahwa ya sudah tau terus jadi debatnya ga asyik. Enggak, enggak sama sekali kaya gitu, itu hanya pemantik saja,” terang Ira. (rya)