Hari Nugroho

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menargetkan, lift di jembatan penyeberangan orang (JPO) Pasar Minggu dan JPO Daan Mogot sudah dapat digunakan mulai Maret 2020.

Menurutnya, lift yang berada di sisi pasar JPO Pasar Minggu sudah selesai, sedangkan lift yang berada sisi stasiun sedang dalam pembangunan. Begitu juga dengan lift di JPO Daan Mogot yang tinggal menunggu lift sisi lainnya rampung.

“Progresnya sudah 60 persen, secepatnya kita akan selesaikan. Paling lambat Maret mendatang sudah bisa digunakan,” ujarnya, Jumat (17/1).

Hari menjelaskan, setelah kedua lift selesai akan dilakukan pengecekan oleh Disnakertrans dan Energi untuk mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi.

“Lift di JPO Pasar Minggu dan JPO Daan Mogot berkapasitas 1.000 kilogram atau setara 13 orang. Fasilitas ini dibuat untuk memberi kemudahan bagi lansia, penyandang disabilitas, dan Ibu hamil,” tandasnya.

Untuk diketahui, meskipun lift belum tersedia, namun JPO Pasar Minggu dan JPO Daan Mogot yang dibangun dengan nuansa futuristik dan menonjolkan kearifan lokal sudah bisa digunakan menggunakan tangga manual.

Kedua JPO tersebut mulai dibangun pada Februari 2019. Rencananya, JPO juga akan dilengkapi closed circuit television (CCTV) yang terkoneksi dengan Jakarta Smart City. (hop)