Gempa Bumi Banten

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bergerak cepat mengirimkan bantuan logistik dan puluhan personel gabungan untuk membantu warga korban gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Sebanyak sembilan truk berisi bantuan logistik diberangkatkan dari halaman kantor BPBD DKI Jakarta, Jalan Kyai Haji Zainul Arifin, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/1) pagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, petugas gabungan yang diberangkatkan untuk membantu korban gempa di Kabupaten Pandeglang sebanyak 75 personel yang berasal dari BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

“Penyaluran bantuan bagi warga korban bencana sudah sering dilakukan di berbagai daerah yang terkena musibah bencana alam. Ini bentuk kolaborasi jajaran Pemprov DKI Jakarta membantu sesama anak bangsa,” ujar Sabdo Kurnianto, usai memimpin apel tim penanggulangan bencana di halaman kantor BPPD DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, sembilan truk bantuan logistik tersebut berisikan sebanyak 26 item di antaranya kasur, tempat tidur pelbet, makanan, tenda serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan warga korban gempa di Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Kami juga akan memperbaiki sejumlah rumah warga yang rusak akibat gempa. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Pandeglang, Kasatlak BPPD dan Camat Sumur,” tandasnya.  (hop)