Edhy Prabowo

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau perkantoran kembali menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini guna mengantisipasi lonjakan penularan Covid-19 varian Omicron. Meski demikian Luhut menegaskan WFH hanya sebatas imbauan dan bukan kewajiban.

Saat memberikan konferensi pers virtual (16/1), Luhut menjelaskan, varian Omicron mulai menunjukkan tanda peningkatan di Indonesia, terutama Jakarta. Penambahan kasus baru sempat menembus angka 1.000 per hari. Meski saat ini sudah turun jadi 800-an per hari, Luhut menilai kondisi tersebut tetap harus diwaspadai guna mencegah dampak yang lebih buruk.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali ini mengatakan, penyebaran varian Omicron kini bukan lagi didominasi pelaku perjalanan luar negeri, melainkan transmisi lokal. Itulah sebabnya Luhut mengimbau masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Bahkan di lingkungan Istana hal itu sudah mulai diberlakukan. Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut Luhut, mulai mengurangi rapat secara tatap muka. Kementerian dan lembaga juga diminta melakukan rapat secara daring atau online.

Jokowi juga telah mengeluarkan larangan para menteri bepergian ke luar negeri. Larangan ini berlaku hingga tiga pekan ke depan. Secara paralel, pemerintah akan melakukan percepatan vaksinasi untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

Pemerintah akan melanjutkan kebijakan PPKM dan melakukan evaluasi secara rutin. Luhut menuturkan, pihaknya bakal kembali melakukan assessment dan evaluasi PPKM setiap pekan. Luhut menegaskan Indonesia siap menghadapi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron yang diperkirakan terjadi pada Februari hingga Maret 2022. (ant)