Musrenbang

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, akan fokus pada penanganan stunting dan Open Defecation Free (ODF) atau wilayah Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tahun 2023. Kedua prioritas tersebut merupakan hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Sawangan Baru yang digelar Jumat (14/1) lalu di Rumah Makan Tirta Rasa, Jalan Raya Sawangan.

Lurah Sawangan Baru, Rahwana menjelaskan, langkah ini dilakukan guna mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan wilayah bebas stunting dan ODF. Dengan begitu, tingkat kesehatan masyarakat bisa meningkat.

“Dua fokus ini dilaksanakan karena kita ingin mendukung Pemkot Depok mewujudkan  zero ODF dan zero stunting,” ujarnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (17/1).

Rahwana mengatakan, saat ini jumlah balita stunting di wilayahnya mencapai 39 anak. Sementara terkait ODF, masih ditemukan sejumlah warga yang belum memiliki septic tank.

“Termasuk tidak adanya septic tank di rumah-rumah warga yang membuat mereka buang air besar di mana saja,” katanya.

Rahwana berharap, dua kegiatan prioritas tersebut dapat terlaksana secara maksimal. Sehingga wilayahnya bisa bebas dari stunting dan ODF.

“Semoga tidak ada refocusing anggaran dan semua kegiatan dapat tercover dan berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan,” tutupnya. (dha)