Maung

Kastara.ID, Jakarta – Bupati Terpilih Kabupaten Jember, Jawa Timur, Hendy Siswanto disebut-sebut telah membeli mobil Maung buatan PT Pindad. Kendaraan taktis (Rantis) yang sudah dibuat versi sipil itu nantinya akan menjadi kendaraan operasional Hendy saat menjabat Bupati Jember.

Hal itu diakui oleh Inspektur Mutu PT Pindad Suriyadi yang menyebut Hendy memesan mobil Maung dengan warna hitam. Mobil tersebut sudah tiba di kantor Hendy Siswanto Center (HSC) pada Senin (15/2).

Saat memberikan keterangan tertulis (15/2), Suryadi menuturkan bahwa Hendy adalah kepala daerah pertama di Indonesia yang membeli mobil Maung buatan PT Pindad. Suriyadi berharap, kepala daerah lain bisa mengikuti langkah Hendy. Hal itu diyakini akan mendorong perkembangan industri mobil nasional.

Sementara Hendy berdalih pemilihan mobil Maung buatan PT Pindad lantaran cocok dengan kondisi geografis Kabupaten Jember yang bergunung-gunung. Penggunaan mobil Maung diyakininya akan memudahkan saat dipakai mengunjungi daerah pelosok di Jember.

Saat memberikan keterangan (15/2), Hendy menyatakan harga mobil Maung hanya sekitar Rp 600 juta, tak jauh beda dengan mobil Toyota Land Cruiser bekas. Handy menambahkan, dirinya inginĀ  menunjukkan kecintaan terhadap produk lokal. Ia juga ingin menunjukkan mobil buatan PT Pindad itu tidak kalah dengan produk luar negeri.

Mobil Maung sejatinya dibuat untuk kebutuhan militer. Namun PT Pindad juga memproduksi mobil taktis terdebut dalam versi sipil. Bedanya, mobil versi sipil tidak dilengkapi persenjataan, perangkat GPS, dan pelacak kendaraan.

Mobil Maung menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tenaga kuda (tk) dan torsi 400 Nm. Mobil Maung menggunakan transmisi manual enam percepatan dengan sistemĀ  penggerak 4WD dengan rear differential lock. (ant)