Hand Sanitizer

Kastara.ID, Jakarta – Perumda Pasar Jaya selaku pengelola 153 pasar di Jakarta telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasruddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus melakuka perencanaan kelangsungan bisnis sebagai upaya mengurangi dampak penyebaran COVID-19.

“Pola pengaturan kerja dan aktivitas di dalam pasar sebagai tahap awal dilakukan pencegahan terkait akses masuk pedagang dan masyarakat ke dalam pasar,” ujar Arief, Selasa (17/3).

Para kepala divisi, manager dan kepala Pasar juga telah diimbau untuk melakukan pembatasan berupa jalur akses pintu masuk ke dalam pasar sebagai upaya pencegahan.

Di setiap pintu masuk yang sudah diputuskan menjadi pintu utama akan terdapat petugas keamanan yang melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal gun.

Jika ditemukan masyarakat bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius maka para manajer dan kepala pasar agar memberikan masker secara gratis dan membawanya langsung ke ruangan khusus yang saat ini tengah disiapkan.

Manager atau kepala pasar lalu akan menelpon nomor layanan darurat tanggap corona dari Pemprov DKI untuk langsung diberikan penanganan oleh petugas dari dinas kesehatan terdekat.

Selain itu di setiap pintu masuk pasar akan disiapkan hand sanitizer bagi pengunjung dan pedagang. Pasar Jaya juga meminta agar pedagang dan masyarakat yang dalam kondisi sakit agar selalu menggunakan masker ketika berada di dalam area pasar. Sedangkan bagi mereka yang tidak sakit diimbau tidak perlu menggunakan masker.

“Pedagang dan pengelola pasar diimbau untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih berbagai kuman penyakit bisa dihentikan penyebarannya,” tandasnya. (hop)