MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Mandalika – Tahun lalu Yamaha mengantongi dua kemenangan beruntun di dua balapan di Sirkuit Lusail.

Namun keberhasilan itu tak dapat diulang tahun ini, bahkan Yamaha sangat menderita di Qatar kemarin. Motor M1 terbaik hanya finis kesembilan, jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Salah satu keluhan pembalap mereka adalah tekanan berlebih pada ban, menyulitkan mereka menjalani balapan.

Memasuki seri kedua akhir pekan ini, bos tim Yamaha, Lin Jarvis yakin tak akan mendapat kendala tekanan ban di Mandalika.

Berbicara menjelang MotoGP Indonesia akhir pekan ini, Jarvis juga menyebut Sirkuit Mandalika yang pendek dan mengalir dengan banyak tikungan bisa menguntungkan motor Yamaha.

“Ini adalah trek yang cocok untuk Yamaha dengan lebih baik. Kita juga bisa menghindari masalah tekanan ban,” ujarnya kepada Speedweek, seperti dilansir Motorcycle Sports.

Pada malam balapan MotoGP pertama kemarin di Qatar beberapa waktu lalu, pabrikan telah menyetujui spesifikasi mesin baru dan tidak akan diizinkan untuk mengubahnya.

Insinyur memiliki ide untuk mengoptimalkan kinerja motor, yang tidak akan mempengaruhi elektronik, yang menurut Jarvis banyak yang telah dilakukan.

“Kami punya beberapa ide, tapi saya tidak ingin membahas detail. Kami optimis bahwa kami dapat melakukan perbaikan langkah demi langkah untuk mengurangi kerugian kami seiring berjalannya musim,” paparnya.

Balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada 20 Maret di akhir pekan ini. (tra)