SAPA SABA Award 2022

Kastara.ID, Depok – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah dan kelurahan melalui program Sinergitas Perencanaan Partisipatif Pembangunan (SAPA SABA) Award 2022. Pemberian dilakukan di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Depok Tahun 2023.

Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, ada dua kategori penerima SAPA SABA Award 2022. Pertama, diberikan kepada Lima Perangkat Daerah dengan Perencanaan, Pelaksanaan & Evaluasi Pelaporan Pembangunan Terbaik Tahun 2022. Kemudian tiga kelurahan atas pelaksanaan Musrenbang terbaik 2022.

“SAPA SABA Award 2022 merupakan sebuah penghargaan untuk Perangkat Daerah dan kelurahan yang telah sukses menggelar Musrenbang dan menyusun Rencana Kerja (Renja) pembangunan tahun depan,” katanya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (17/3).

Dadang menjelaskan, untuk kategori perangkat daerah terbaik dinilai berdasarkan tiga aspek. Yakni pencapaian pembangunan, kualitas dokumen, dan proses penyusunan dokumen.

Kemudian kriteria penilaian berdasarkan pencapaian, keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, serta keterukuran. Sementara dokumen yang menjadi penilaian adalah Rencana Kerja Perangkat Daerah Perubahan Tahun 2021, Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2022, dan Rencana Strategis Perangkat Daerah Tahun 2021-2026.

“Lima Perangkat Daerah terbaik penerima penghargaan SAPA SABA Award 2022 adalah Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Dinas Ketahanan Pangan Petanian dan Perikanan (DKP3), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim),” jelasnya.

Dadang menuturkan, kategori penghargaan kedua adalah pelaksanaan Musrenbang kelurahan tahun 2022 dengan tujuh kriteria penilaian. Di antaranya pelaksanaan pra Musrenbang, keterwakilan unsur yang terlibat, dan penyampaian usulan.

Berikutnya pelaksanaan protokol kesehatan dan pelaksanaan sidang pleno 1, sidang kelompok serta pleno 2. Lalu hasil kesepakatan A1, A2, A3, A4, A5, dan A6, serta terpenuhinya kegiatan dan subkegiatan wajib 100 persen.

“Tiga kelurahan penerima penghargaan SAPA SABA Award 2022 adalah Kelurahan Kalibaru, Cinangka dan Cimpaeun,” pungkasnya. (dha)