Honda memberikan izin kepada Rins mencoba rangka motor Marquez, karena pembalap Repsol Honda itu masih absen.

Walaupun tidak terlalu menyukainya, Rins kembali menguji sasis Marquez di MotoGP Amerika akhir pekan ini.

Hal ini dituturkan langsung oleh Rins setelah sesi Latihan 1 pada hari pertama, Jumat (14/4) lalu. Apakah Rins menggunakan di sesi selanjutnya masih belum jelas.

Tapi yang jelas Rins langsung menembus ke Kualifikasi 2 dan mendapat posisi start kedua. Rins juga berhasil naik podium dalam balapan Sprint berjalan 10 lap.

Mantan pembalap Suzuki Ecstar itu menyelesaikan Sprint Race di urutan kedua, bahkan hampir meraih kemenangan.

Apakah dalam balapan dia menggunakan sasis Marquez atau sasis miliknya sendiri? Belum terkonfirmasi.

“Tentu saja, motornya sangat berbeda daripada Suzuki. Itu sulit karena kami masih harus berkembang di banyak area. Tapi kami sudah mengambil langkah maju sejak di Argentina,” papar Rins.

Rins kembali mencoba sasis Marquez di Amerika. “Selain sasis saya, saya mencoba sasis Marc lagi. Tapi jujur ​​saja, saya lebih nyaman dengan sasis saya sendiri,” imbuh Rins.

Marquez absen di Amerika dan menurut Rins ini suatu kerugian bagi pembalap Honda lainnya.

“Sayang sekali dia tidak ada di sini karena saya tidak dapat membandingkan data kami. Meskipun saya dapat menggunakan data tahun lalu, kondisi trek telah berubah secara signifikan dibandingkan tahun lalu,” jelas Rins seperti dilansir Todocircuito.com.

Setelah sukses naik podium kedua dalam Sprint Race pada Sabtu, Rins juga sukses memenangi balapan Austin pada hari Ahad (16/4).

“Saya mencoba sekuat tenaga mengejar Pecco. Saya sedikit kesulitan di sektor 2 dan 3, tapi kemudian di chicanes saya berusaha keras untuk menyusulnya. Saya sangat senang karena saya menang di sini di Moto3, Moto2, di Suzuki, dan sekarang saya juga berhasil dengan Honda (kelas MotoGP). Membuat terkesan. Saya bangga dengan tim saya, bahkan tim pribadi saya. Terima kasih untuk semua penggemar yang ada di sini,” jelas Rins di parc ferme, seperti dilansir Formulapassion.it.

Race MotoGP berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Ahad (30/4) mendatang. (tra)