WNA China

Kastara.ID, Jakarta – Pengamat hukum dan politik Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai, saat ini rakyat Indonesia sudah sangat terusik dengan kedatangan warga negara asing WNA asal China. Kehadiran mereka menurut Saiful, sungguh ironi di saat pemerintah melarang masyarakat mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. Bahkan berziarah ke makam pun juga dilarang.

Meski dengan dalih pencegahan Covid-19, Saiful mengatakan rakyat mulai ragu dengan alasan tersebut. Menurutnya, masyarakat mulai berspekulasi tentang para WNA terhadap pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin. Jangan-jangan Jokowi mendapatkan sokongan dana dari China saat memenangkan Pilpres 2019 lalu.

Saat berkomentar (16/5), Saiful menuturkan, tidak mungkin WNA China bisa begitu mudah keluar masuk Indonesia kalau tidak ada jasanya. Bahkan kemudahan yang diterima WNA China mengalahkan warga negara Indonesia (WNI) yang ingin mudik.

Bisa jadi, menurut Saiful, hal itu lantaran China memiliki andil besar dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres), sehingga dapat dengan mudah keluar masuk Indonesia.

Saiful menjelaskan, kehadiran WNA China bisa sangat merugikan Indonesia. Bukan hanya bagi rakyat tetapi juga Indonesia sebagai negara. Apalagi jika negara lain, terutama Amerika Serikat (AS) tahu Indonesia memberikan keisitimewaan terhadap WNA China. Pasalnya saat ini AS sedang terlibat perang dagang dengan China.

Seperti diberitakan sebelumnya, baru-baru ini 157 WNA China diketahui telah masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten pada Sabtu (8/5). Mereka mendarat di Terminal 3 Bandara Soetta menggunakan pesawat pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387 (regular flight) dari Guangzhou.

Sebelumnya pada Selasa (4/5), 85 WNA China mendarat di Bandara Soetta setelah terbang dari Shenzhen menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353. Selanjutnya Kamis (6/5) pukul 11.50 WIB, sebanyak 171 WNA Cina mendarat di Bandara Soetta. Mereka menumpang  pesawat Xiamen Air MF855 dari Fozhou.

Terakhir, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, 110 WNA China kembali mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Mereka terbang dari Fuzhou menggunakan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dan mendarat di Terminal 3 Bandara Soetta, Kamis (13/5) pukul 12.20 WIB. (ant)