Cagar Alam

Kastara.ID, Depok –  Untuk penataan dan pemeliharaan Taman Hutan Raya (Tahura) yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura dengan merancang berbagai program di tahun-tahun ke depannya guna memperindah serta sarana  Edukasi.

Di antaranya menjadikan kawasan pelestarian alam yang berlokasi di Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, sebagai salah satu objek wisata.

“Sudah ada wacana atau arah ke ekowisata, ke depan Tahura ini bersifat konservasi. Ada nilai edukasi, juga ada pariwisatanya,” kata Kepala UPT Tahura Kota Depok, Purnomo Sujudi di tempat kerjanya, Rabu (17/6).

Dari Pemkot Depok sendiri telah merancang penataan dan penentuan zonasi dari Tahura tersebut. Seperti kawasan konservasi dan budidaya tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.

“Ini akan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) akhir tahun ini. Tentunya mengacu pada ketentuan yang ada. Misalnya, konservasi, dari segi keamanan hewan yang ada di dalam yang harus kita pikirkan juga,” tegas Purnomo.

Hal ini merupakan simultan pembangunan. Yaitu memikirkan konservasi, namun tidak mengesampingkan estetika.

“Untuk tahap awal ini, kami telah melakukan renovasi pagar pembatas salah satu Cagar Alam tertua di Indonesia tersebut, secara bertahap. Mudah-mudahan rencana ini berjalan dengan baik dan diharapkan keberadaan Tahura sebagai Kebun Raya Mini yang luasnya sekitar 6 Hektar nantinya bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh banyak warga masyarakat di sekitarnya,” ungkapnya. (*)