Jakpreneur

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan kegiatan pelatihan pelaporan keuangan secara online atau daring. Pelatihan ini diikuti 100 Jakpreneur binaan dengan menggandeng narasumber dari Sekolah Tinggi Ekonomi IPWIJA.

Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, laporan keuangan merupakan suatu informasi untuk menggambarkan kondisi perusahaan atau usaha. Sehingga para peserta pelatihan ini diharapkan mampu memberi bantuan bagi pengguna yang membuat keputusan bersifat finansial.

“Dalam pelatihan ini kami melibatkan perguruan tinggi karena memang sudah ada Perjanjian Kerja Sama terkait Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau PKT,” ujar Eli, sapaan akrabnya (16/6).

Eli menjelaskan, materi yang diberikan dalam pelatihan secara daring cara pembuatan laporan dan pencatatan keuangan untuk para Jakpreneur.

“Pelatihan dan pendampingan kepada binaan harus terus berjalan meski dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, sehingga kami lakukan via online. Kegiatan ini terus kami lakukan secara rutin untuk mendorong pelaku usaha binaan agar bisa naik kelas,” terangnya.

Ia menambahkan, sektor UMKM merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Membuat laporan keuangan pada sektor UMKM sangat penting karena dapat mengontrol biaya operasional serta menjadi dasar dalam menentukan keputusan dalam usaha,” tandasnya. (hop)