Kastara.ID, Sachsenring — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil mengklaim posisi start kedua dalam Kualifikasi MotoGP Italia di Mugello beberapa waktu yang lalu.

Namun hasil itu diraih dengan memanfaatkan slipstream lawan, Marquez kerap melakukan towing alias menempel pembalap cepat lainnya.

Soal towing, pembalap Italia, Luca Marini, tak mempermasalahkan aksi Marquez, sepanjang tak mempengaruhi dan merugikan pembalap lain.

Marini bahkan mempersilakan Marquez untuk towing di Jerman akhir pekan ini.

Sachsenring adalah sirkuit favorit Marquez dengan sebelas kemenangan.

Menurut Marini, di era MotoGP sekarang posisi start di grid sangat penting, karena itu pembalap akan melakukan segala cara untuk menembus barisan depan dalam Kualifikasi.

“Tentu saja Anda dapat menempel pembalap lain (towing), yang terpenting adalah tidak melakukan apa pun yang dapat memengaruhi pembalap lain dan tidak menghalanginya, tapi ini adalah bagian dari era baru MotoGP dan ini legit,” ungkap Marini kepada Nico Abad, sebagaimana dilansir Motosan.es.

“Marc atau pembalap lain dapat melakukan towing di sini di Jerman, yang penting untuk melakukan lap sebaik mungkin karena sekarang posisi grid sangat penting untuk balapan minggu. Jadi Anda harus melakukan semua yang Anda butuhkan untuk bisa start di barisan depan, informasi ini sangat penting, itulah mengapa semua orang di ‘Qualy’ akan melakukan segala yang mungkin untuk start dari sana, karena begitulah balapan pada hari Ahad atau Sabtu akan lebih mudah,” papar Marini.

Di seri sebelumnya di Mugello selama Q2, kamera difokuskan pada Bezzecchi dan di belakangnya adalah Marc yang menempel, dan Luca muncul di antara ‘serangan waktu’ itu.

Marini sendiri tak menyadari situasinya saat ada pembalap melakukan towing kepadanya.

“Tidak, saya hanya fokus pada flying lap saya dan berusaha melakukan yang terbaik karena saya tahu saya harus melakukan sesuatu, lap yang sedikit gila, untuk mencoba menembus start dari barisan depan, saya sangat fokus,” tandas Marini.

Seperti diketahui, Marquez merupakan pembalap yang sering melakukan towing demi mencetak waktu lap terbaik. (tra)