Headline

Masyarakat Aceh Protes Soal Terjemahan Diskriminatif Google

Kastara.ID, Jakarta – Forum Masyarakat Melayu dan Aceh layangkan protes terhadap Google terkait terjemahan bahasa Melayu dan Aceh yang dianggap diskriminatif akibat salah menerjemahkan sejumlah kalimat.

Tengku Muhammad Dhani Iqbal selaku perwakilan Forum Masyarakat Melayu dan Aceh mengatakan, surat terbuka yang ditujukan kepada Google Indonesia bermula ketika anggotanya membagikan tangkapan layar terjemahan bernada diskriminatif.

Menurutnya, hasil penerjemahan tersebut bukan hanya dinilai diskriminatif untuk bahasa Melayu, tetapi juga Minahasa, Simalungan, dan Makassar.

Dhani mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah mengkonsultasikan temuannya itu kepada sejumlah pakar TI. Hasilnya, para pakar meyakini ada kesalahan teknis dan human error (kesalahan manusia).

Ketika dikonfirmasi soal keluhan protes yang disampaikan Forum Masyarakat Aceh, Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengakui adanya kesalahan penerjemahan dan menyatakan bahwa pihaknya menyadari kesalahan tersebut dan tengah melakukan perbaikan atas kendala tersebut.

Ia juga mengatakan Google Indonesia menyampaikan permohonan maaf, khususnya kepada masyarakat Melayu dan Aceh.

Kendati sudah dalam proses perbaikan, pihak Forum Masyarakat Aceh mengatakan belum mendapat respons dari Google Indonesia dan sampai saat ini pihaknya belum mendapat keterangan resmi terkait surat terbuka yang sudah disampaikan kepada Google.

Lebih lanjut, Dhani menegaskan, jika Google belum juga menghapus makna terjemahan tersebut selama kurun waktu tiga hari, maka Forum Masyarakat Melayu dan Aceh akan menempuh tindakan hukum. (rfr)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…