Kastara.ID, Mandalika — Pabrikan asal Bologna, Ducati, bakal menurunkan total delapan motor untuk kedelapan pembalap mereka di MotoGP musim 2024 mendatang.

Mereka memiliki total empat tim, terdiri dari satu tim pabrikan dan tiga tim satelit. Namun demikian, Ducati akan mendukung empat pembalap dengan motor pabrikan sama persis.

Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini sudah jelas pembalap pabrikan dengan motor pabrikan, dua lainnya adalah Jorge Martin dan Franco Morbidelli.

Walau keduanya berada di tim satelit, namun mereka memiliki kontrak langsung dari Ducati dan akan mendapat motor pabrikan.

Sementara empat pembalap lainnya, Luca Marini, Marco Bezzecchi, Alex Marquez, dan Marc Marquez akan mendapat motor setahun lebih tua.

Empat pembalap terakhir ini bukan pembalap Ducati, melainkan pembalap tim mereka masing-masing.

“Faktanya, negosiasi telah dilakukan antara Marquez dan Gresini,” ungkap Ciabatti yang dilansir GPOne.com.

“Kami diberitahu ketika kesepakatan sudah berada di tahap akhir. Antara lain, saya terkejut Honda melepas pembalap kuat ketika dia kembali ke jalurnya. Karena itu, motor pabrikan Ducati hanya akan tersedia untuk tim pabrikan kami dan untuk Pramac, yaitu pembalap yang terikat kontrak dengan kami. Marc adalah juara yang hebat dan akan menjadi stimulus ekstra bagi pembalap kami untuk menunjukkan nilainya,” komentar Ciabatti soal bergabungnya Marquez ke Greisni.

Ducati total menurunkan delapan motor tahun depan, sama seperti sekarang dengan rincian empat motor pabrikan dan empat motor satelit.

Tim Gresini Racing mendapat motor satelit. Artinya, Marquez dan adiknya, Alex Marquez akan mengendarai motor Ducati setahun lebih tua.

Marquez bukan pembalap Ducati, melainkan pembalap Gresini. Artinya dia dikontrak oleh Gresini, tidak langsung oleh Ducati. (tra)