Bromo

Kastara.id, Jakarta – Astragraphia Documen Solution mendukung pencetakan fotografi ‘Bromo’ karya fotografer profesional Hasiholan Siahaan yang sudah lama berkecimpung di media nasional sejak 15 tahun silam. Hal ini sejalan dengan peran serta melestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Dalam peluncuran buku yang disertai pameran foto yang berlangsung di Institut Francais Indonesia (IFI) Wijaya, Jakarta (16/11), hadir Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jeans Charles Berthonet dan anggota DPR RI Maruar Sirait, serta perwakilan dari Kementerian Desa Republik Indonesia.

Buku fotografi ‘Bromo’ ini merupakan buku ke-5 yang diluncurkan Hasiholan. Sosok fotografer yang satu ini dikenal memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pelestarian kekayaan alam dan warisan budaya Indonesia sebagai cermin identitas suatu bangsa. Dalam menciptakan buku fotografi ‘Bromo’, Hasiholan berupaya menggabungkan hobi dan aksi sosialnya menjadi sebuah karya.

“Kami merasa bangga dan terhormat atas kesempatan untuk berkontribusi pada pelestarian budaya bangsa melalui pencetakan buku fotografi ‘Bromo’. Kami berharap semoga ke depannya semakin banyak pihak yang peduli pada kegiatan seperti ini, dan semakin banyak pula orang seperti Olan yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pelestarian budaya,” jelas Direktur Astragraphia Tbk Arifin Pranoto.

Pencetakan buku fotografi ‘Bromo’ dilakukan menggunakan mesin Fuji Xerox Versant 80 Press. Mesin ini merupakan solusi all in one yang dirancang untuk operasional cetak digital yang mampu mencetak lebih cepat 80 ppm pada beragam jenis media pada ukuran 52 hingga 350 gsm.

Mesin ini memiliki kualitas cetak ultra HD resolution hingga 1200 x 1200 x 10 bit RIP rendering dan 2400 x 2400 dpi imaging resolution yang menghasilkan penyapuan warna yang halus, tajam, serta mendetail. (koes)