Program Simaskota

Kastara.ID, Jakarta – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Lokakarya Pembelajaran dan Media Trip Program Simaskota (Sanitasi Untuk Masyarakat Kota) DKI Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada 17-18 Desember 2019 tersebut diikuti perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), APP Sinar Mas, Konsorsium SPEAK Indonesia, dan Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Suharti mengatakan, tujuan dari lokakarya dan media trip yakni, diseminasi kepada pegiat media untuk menekankan pentingnya pembangunan sanitasi sehat.

“Kami juga ingin membagikan informasi hasil pembelajaran, tantangan, dan kunci keberhasilan pelaksanaan program Simaskota DKI kepada para pihak atau stakeholder,” ujarnya, Selasa (17/12).

Suharti menjelaskan, lokakarya ini juga sebagai inisiasi membangun kemitraan multi pihak untuk keberlanjutan program sanitasi di DKI Jakarta dan dorongan replikasi program ke wilayah lain.

“Kolaborasi sangat penting sekali, Pemprov DKI Jakarta tidak mungkin menyelesaikan masalah sanitasi tanpa peran masyarakat luas,” terang Suharti.

Menurutnya, kesadaran masyarakat terhadap isu sanitasi ini perlu ditingkatkan. Sebab, sanitasi sangat erat kaitannya dengan masalah kesehatan.

“Kita masih perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi. Tidak kalah penting, kita juga harus siap memfasilitasi kebutuhan sanitasi sehat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program Simaskota DKI menjadikan pilot project di Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan; dan Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

“Progam ini sudah berjalan sejak bulan Januari sampai Oktober 2019 dan telah memfasilitasi kegiatan di masyarakat dalam bentuk capacity building dan pembangunan infrastruktur sarana sanitasi,” ucapnya.

Sementara Direktur SPEAK Wiwit Heris Mandari menuturkan, melalui lokakarya pembelajaran dan media trip ini juga diharapkan terbentuk forum kemitraan multi pihak dan tersusunnya rencana aksi keberlanjutan program sanitasi DKI Jakarta.

“Kami ingin ada ada publikasi kepada khalayak melalui media online maupun konvensional terkait program Simaskota di DKI Jakarta,” tandasnya. (hop)