Surut

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menggelar Operasi Siaga Ibukota untuk memastikan genangan surut seusai hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta.

Sebanyak 19 titik genangan ditemukan pasca hujan dengan rincian, yaitu Jakarta Selatan tujuh titik, Jakarta Pusat empat titik, Jakarta Timur lima titik, dan Jakarta Barat tiga titik. Sedangkan genangan pemukiman terdiri dari delapan titik genangan di wilayah Jakarta Barat.

Personel dari Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta melalui Satgas SDA Kecamatan secara sigap menuju lokasi untuk melakukan penanganan genangan, dengan penyedotan menggunakan pompa serta pembersihan tali-tali air dibantu PPSU Kelurahan.

“Pompa yang telah disiapkan Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta sebanyak 122 unit pompa mobile dan 474 unit pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi, dengan total kapasitas 489.01 m4/dt,” ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta Juaini, Selasa (17/12) sore, sebagaimana dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, kegiatan monitoring dan antisipasi kejadian genangan terus dilaksanakan di beberapa titik, seperti Jalan MT Haryono depan Gedung Film Kecamatan Pancoran dan Jalan Prof. Dr. Satrio Kecamatan Setiabudi. Tak hanya itu, tindakan preventif juga dilakukan oleh PPSU Provinsi DKI Jakarta. Ketika hujan, DKI Jakarta tidak bisa menolak sampah yang datang, tapi PPSU Provinsi DKI Jakarta siap untuk bergerak cepat untuk beraksi agar sampah itu tidak menimbulkan kerusakan lebih besar.

Kolaborasi menghadapi dampak musim penghujan di Ibukota dilakukan mulai dari kegiatan pemberian informasi update peringatan dini, monitoring, penanganan hingga update situasi terkini. BPBD Provinsi DKI Jakarta selalu aktif melaporkan update peringatan dini cuaca Jabodetabek serta update tinggi muka air di website dan media sosial.

BUMD Jakarta seperti MRT Jakarta juga aktif melaporkan perkembangan terkini, terutama yang terkait dengan situasi surutnya genangan di titik-titik halte MRT. Untuk mengetahui secara akurat informasi terkini, warga bisa follow akun media sosial milik Pemprov DKI Jakarta, Dinas SDA, dan BPBD DKI Jakarta. (hop)