Klapa Vilage

Kastara.id, Jakarta – Dalam mewujudkan program hunian DP Nol Rupiah, PD Pembangunan Jaya melakukan ground breaking pembangunan hunian vertikal Klapa Village di Pondok Kelapa Jakarta Timur, Kamis (18/1). Pada tahap pertama, PD Pembangunan Jaya akan membangun satu tower dengan total 703 unit. Pengerjaannya ditargetkan dalam 1,5 tahun.

“Ada 20 lantai dengan 703 unit, 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Rumah-rumah ini nantinya akan diberikan pada warga yang berpenghasilan di bawah 7 juta rupiah, harga  per unitnya untuk tipe 36 adalah Rp 320 juta, tipe 21 harganya Rp 185 juta,” jelas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan menambahkan, proyek ini dibangun di atas tanah seluas 1,4 hektare. “Nantinya akan dibangun dua tower, namun kami lakukan pembagunan satu tower terlebih dahulu dengan rincian 513 unit tipe 36 m2 (2 kamar) dan 190 tipe 21 m2 ( 1 kamar),” imbuhnya.

Disebutkan, hunian vertikal ini akan dijual dengan DP O rupiah dengan skema pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) melalui Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang akan segera dibentuk oleh Pemprov DKI Jakarta, guna meringankan pembayaran angsuran atau cicilan konsumen yag membeli atau dalam hal ini adalah  warga DKI Jakarta yang belum memiliki hunian.

Sedangkan tower sisanya pada pembangunan tahap selanjutnya akan dijual dengan skema non FLPP, dalam rangka menjaga keberlanjutan atau sustainability PD Pembangunan Sarana Jaya, untuk mendukung Program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan hunian DP O rupiah ini.

Untuk diketahui, FLPP adalah pembiayaan perumahan dengan skema subsidi dari pemerintah, bekerja sama dengan bank nasional yang telah menyediakan fasilitas tersebut, dimana suku bunga rendah dan flat selama masa cicilan, yaitu suku bunga 5 persen dan  dengan jangka waktu cicilan sampai 20 tahun.

Calon pembeli harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya warga DKI Jakarta, diutamakan yang sudah menikah, belum pernah memiliki rumah, dan belum pernah mendapat fasilitas kredit FLPP. Untuk harga jual unit adalah sebesar Rp 8,8 juta/m2 untuk wilayah Jakarta Timur.

Dalam pelaksanaan pembangunan proyek ini, PD Pembangunan Jaya dibantu atau bermitra dengan PT Totalindo Eka Persada, Tbk yang merupakan perusahaan terbuka swasta  nasional dengan core businessnya sebagai kontraktor sekaligus developer yang memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dalam membangun high rise building. (rud)