DiploFest Makassar

Kastara.ID, Makassar – Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bersiap menjadi tuan rumah Diplomacy Festival (DiploFest) pada tanggal 22-23 Februari 2019. DiploFest diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk mendorong masyarakat Makassar khususnya generasi muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia, karena Diplomasi Indonesia adalah milik bersama. Hal ini diutarakan oleh Dirjen IDP dalam persiapan DiploFest Makassar.

DiploFest Makassar adalah bagian dari rangkaian kegiatan Diplofest yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia. Sebelumnya, DiploFest telah diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Padang yang telah menarik lebih dari 20.000 peserta.

Seperti di kota-kota sebelumnya, DiploFest terbagi menjadi dua kegiatan yaitu Public Lecture dan Festival Diplomasi.

Public Lecture akan menjadi sarana bagi pelajar dan mahasiswa Sulsel khususnya Makassar untuk berdiskusi langsung dengan pelaku diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Public Lecture Bersama para pejabat Kemlu akan diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2019 di lima universitas yaitu: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Islam Makassar, Universitas Kristen Indonesia Paulus, dan Universitas Fajar. Sementara Public Lecture/Talk Show Menlu RI akan diselenggarakan di Universitas Hassanudin pada tanggal 23 Februari 2019 pukul 09.00–11.00 WITA.

Festival Diplomasi akan diselenggarakan tanggal 23 Februari 2019 mulai jam 12.00 siang di Celebes Convention Center, Makassar. Dalam festival ini, para pengunjung bisa menyelami diplomasi Indonesia secara langsung. Mereka dapat terjun merasakan mewakili Indonesia berkontribusi untuk perdamaian dunia dalam simulasi sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan wakil negara lain dalam simulasi sidang bilateral, berlatih berbicara di depan publik, simulasi TOEFL/IELTS dan banyak lagi.

Festival Diplomasi juga menghadirkan area Edu Fairs, pelajar dapat mengujungi berbagai booth dari berbagai program beasiswa termasuk LPDP dan Jepang, Australia, dan Korea Selatan, belajar mengenai bagiamana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional seperti PBB. Di area ini, pengunjung juga dapat langsung berdiskusi dalam Talk Show dengan diplomat Indonesia dan negara sahabat.

DiploFest juga akan dimeriahkan oleh penampilan apik dari Endah N Resha, Vidi Aldiano, dan GAC untuk menyemarakkan festival.

Pendaftaran untuk Public Lecture dan DiploFest telah dibuka tanggal 15 Februari 2019. Pendaftaran dapat dilihat melalui Instagram dan twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI. (rya)