Ricki Marojahan Mulia

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York hari ini menggelar seminar dan kurasi bagi artis serta perajin Industri Kecil Menengah (IKM) di lantai dasar Gedung Blok G, Balai Kota DKI.

Seminar yang mengusung tema Identifying Market Trends, Market Readiness And Company Worksheet ini digelar sebagai pintu gerbang IKM Jakarta untuk memamerkan hasil kreatifitasnya dalam Pameran New York 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Energi (PE) DKI Jakarta Ricki Marojahan Mulia mengatakan, acara ini diikuti 20 peserta kurasi dan 20 peserta seminar. Para peserta nantinya akan dipilih kembali untuk mewakili DKI Jakarta dalam pameran New York 2019 pada 11-14 Agustus 2019 nanti.

“Seminar dan kurasi ini digunakan untuk menyeleksi IKM kita yang memiliki produk unggulan kreatif,” ujarnya di lokasi, Senin (18/2).

Ricki menyampaikan, pihaknya akan mendukung para IKM dengan memberikan pembekalan-pembekalan agar dapat lolos pada saat kurator melakukan penyeleksian. Sehingga produk-produk IKM di DKI Jakarta dapat makin terkenal di kancah Internasional.

“Mereka sudah ikut pembekalan. Mudah-mudahan mereka memberikan apa yang terbaik untuk kurator. Target minimal lima peserta IKM yang lolos,” katanya.

Sementara itu, kurator asal New York Jennifer Isaacson mengakui perajin IKM di Ibukota memiliki potensi yang mumpuni untuk berkompetisi di pasar Amerika. Tahun 2019 ini, merupakan tahun ketiga pihaknya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Saya berharap dalam seleksi ini dapat dipilih beberapa produk yang merepresentasikan DKI Jakarta,” tandasnya. (hop)