Dokter

Kastara.ID, Jakarta – Dokter Handoko Gunawan, dokter paru yang ikut ‘berperang’ menjadi tenaga medis untuk pasien positif corona (Covid-19) saat ini dirawat di ICU RS Persahabatan. Dr Handoko yang berusia 80 tahun itu dikabarkan mengalami sesak nafas sehingga harus dirawat.

Sebelumnya dokter itu disebut turut ikut menangani pasien corona hingga larut meski sudah sepuh.

Seorang sumber di RS Persahabatan membenarkan soal perawatan dr Handoko Gunawan tersebut. “Beliau masih dirawat di RS,” kata sumber yang merupakan seorang dokter tersebut, Rabu (18/3).

Kondisi terakhir dr Handoko ini membantah pesan massal di beberapa grup whatsapp. Pesan tersebut menyebut bahwa dokter Handoko meninggal dunia pada Rabu (18/3) pukul 02.00 WIB.

Nama dokter Handoko menjadi perbincangan di netizen usai komitmennya menjadi tenaga medis di Jakarta yang ikut membantu dalam menangani wabah virus corona (Covid-19).

Cerita soal sosok Handoko diunggah oleh pemilik akun Noviana Kusumawardhani di laman Facebook pribadinya. Ia mengunggah foto Handoko yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berwarna putih dan memakai masker.

Dalam unggahannya, Noviana meminta doa dari netizen untuk keselamatan dan kesehatan Handoko. Unggahan Noviana sampai saat ini sudah disukai lebih dari 8.500 kali dan dibagikan lebih dari 5.600 kali.

Sementara itu Direktur Utama RS Persahabatan Rita Rogayah saat dihubungi untuk diminta konfirmasi enggan memberikan keterangan rinci. Namun ia memastikan bahwa kabar dr Handoko meninggal tidak benar. (ant)