Vaksinasi

Kastara.ID, Jakarta – Proses vaksinasi massal COVID-19 yang menyasar pada sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) berjalan dengan baik. Besar harapannya, akan mencapai target vaksinasi yang telah ditetapkan yakni sebanyak 11 ribu orang dalam waktu dekat.

“Tadi saya lihat prosesnya semuanya berjalan dengan lancar. Semuanya sudah siap tersedia petugasnya pun juga siap,” kata Presiden Joko Widodo ketika meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Tana Toraja, Sulsel, Kamis (18/3).

Vaksinasi pada tahap ini, akan menyasar kepada pelayan publik, lansia hingga supir angkot menjadi target vaksinasi yang berlangsung beberapa hari ke depan. Sebab, segmentasi orang tersebut yang memiliki potensi interaksi tinggi dengan berbagai orang lain termasuk dalam program vaksinasi massal ini.

Menurut dia, baiknya penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat akan membantu dalam mengentaskan wabah global COVID-19. Karena, kerja sama kolaborasi akan mempercepat penanganan COVID-19 dalam beberapa waktu ke depan.

“Akan memutus penyebaran COVID-19 di berbagai wilayah termasuk Tana Toraja,” katanya.

Diketahui, sebanyak 16,9 juta dosis COVID-19 mulai diberikan kepada pekerja publik atau pelayan publik. Hal tersebut, merupakan tahapan kedua dari vaksinasi nasional yang resmi dimulai pada penyuntikkan pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Yang termasuk dalam pekerja publik antara lain aparat keamanan, pedagang pasar, wartawan, atlet, dan pekerja toko. Ini akan segera dilakukan secara merata di berbagai wilayah di Indonesia, setelah dari wilayah yang pertama yakni DKI Jakarta. (ant)